Saturday, June 10, 2017

Keuntungan Pemakaian Boneka

Boneka Tongkat

Dimaksud boneka tongkat karna langkah memainkannya dengan memakai tongkat. Tongkat-tongkat ini dikaitkan dengan tangan serta badan boneka. Wayang Golek di Jawa Barat umpamanya yaitu termasuk juga boneka type ini. Untuk kepentingan pemakaian boneka tongkat jadi media pendidikan/evaluasi di sekolah, jadi tokoh-tokohnya di buat sesuai sama kondisi saat ini. Umpamanya di buat tokoh tentara, pedagang, lurah, nelayan dsb Boneka tongkat bisa di buat darikayu yang lunak seperti kayu kemiri, randu, dsb. Hadiah Wisuda

Boneka Tali

Boneka tali atau “Marionet” banyak digunakan dinegara barat. Ketidaksamaan yang menyolok pada boneka tali dengan boneka yang lain yaitu, boneka tali sisi kepala, tangan, serta kaki bisa digerak-gerakkan menurut kehendak kita/dalangnya. Langkah meng-gerakkannya dengan tali. Dengan hal tersebut jadi kedudukan tangan orang yang memain-kannya ada diatas boneka yang dimainkannya. Untuk memainkan boneka tali dibutuhkan latihan-latihan yang teratur, sebab memainkan boneka tali ini membutuhkan ketrampilan yang lebih susah dibanding dengan memainkan boneka-boneka yang lain. Selenggarakan namun mempunyai keunggulan lebih hidup daripada boneka yang lain, karna mendekati gerak manusia atau tokoh yang sesungguhnya.


Boneka Bayang-bayang

Boneka bayang-bayang (Sadhow Puppet) yaitu type boneka yang langkah memainkannya dengan mempertontonkan gerak bayang-bayang dari boneka itu. Di Indonesia terutama di Jawa di kenal dengan “Wayang kulit”. Tetapi untuk kepentingan sekolah, wayang sejenis ini dirasa kurang efisien, karna untuk memainkan boneka ini dibutuhkan ruang gelap/tertutup. lagi juga dibutuhkan lampu untuk buat bayang-bayang monitor.

Keuntungan Pemakaian Boneka

Sebagian keuntungan pemakaian boneka untuk sandiwara yaitu :

1) Tidak membutuhkan saat yang banyak, cost serta persiapan yang sangat rumit.
2) Sedikit mengonsumsi tempat, panggung sandiwara boneka bisa di buat cukup kecil serta simpel.
3) Tidak menuntut ketrampilan yang rumit untuk yang bakal memainkannya.
4) Bisa meningkatkan imajinasi anak, mempertinggi keaktifan serta menaikkan situasi senang.

Panduan Pemakaian Boneka jadi Media Pembelajaran

Supaya boneka bisa jadi media instruksional yang efisien, jadi butuh kita per-hatikan banyak hal yang diantaranya yaitu :

(1) Rumusan maksud evaluasi dengan terang. Dengan hal tersebut akan di ketahui, Apakah pas dipakai permainan sandiwara boneka atau sandiwara yang lain.

(2) Buat naskah atau skenario sandiwara yang bakal dimainkan dengan terinci. Baik dialognya, settingnya serta adegannya mesti disusun dengan jeli, meskipun dalangnya bisa saja untuk berimprovisasi waktu ia mendalang/memainkan boneka itu.

(3) Permainan boneka mementingkan gerak daripada kata. Karenanya perbincangan janganlah sangat panjang, bisa membosankan.menjengkelkan pemirsa. Untuk anak-anak umur kelas rendah sekolah basic atau anak-anak TK, baiknya permainan boneka didesain untuk banyak melibatkan dialog dengan anak ketika permainan.

(4) Permainan sandiwara boneka janganlah sangat lama, kurang lebih 10 hingga 15 menit. Supaya pesan spesial yang di sampaikan pada anak dalam permainan sandiwara boneka itu bisa di tangkap/dipahami oleh anak-anak/pemirsa.

(5) Sebaiknya diselingi dengan nyanyian, bila butuh pemirsa di ajak nyanyi berbarengan. Jika memang perlu dilanjutkan dengan dialog atau diskusi dengan anak-anak/pemirsa untuk memantapkan pesan nilai yang di ajarkan.

(6) Isi narasi sebaiknya sesuai sama usia serta kekuatan dan daya imajinasi anak-anak yang melihat.

(7) Usai permainan sandiwara, sebaiknya diselenggarakan aktivitas kelanjutan seperti tanya-jawab, diskusi atau bercerita kembali mengenai isi narasi yang dihidangkan.


(8) Bila sangat mungkin, berilah peluang pada anak-anak untuk memainkannya.

No comments:

Post a Comment